--> Skip to main content

Zoom Meeting: Cara Daftar Sampai Cara Memakai Aplikasinya

Jakarta -

Pemakai Zoom Meeting tak lagi didominasi pekerja kantoran yang sedang menjalankan Work from Home atau bekerja dari rumah. Aplikasi untuk rapat virtual dan video conference itu sekarang jamak diakses di sektor pendidikan ketika masa pandemi COVID-19. Terutama bagi guru dan murid yang sedang menjalankan aktivitas berguru mengajar secara daring.

Karena menyerupai diketahui, pemerintah sentra masih melarang kawasan yang berada dalam zona kuning, oranye, dan merah untuk membuka sekolah. Maka aplikasi semacam Zoom Meeting ini jadi wahana penting untuk menghubungkan pengajar dengan murid-muridnya yang berada di rumah.

Zoom Meeting sendiri dirilis Januari 2013 lalu. Selain tersedia berupa aplikasi di perangkat smartphone, Zoom Meeting juga sanggup diakses melalui situsweb zoom.us baik untuk sistem operasi Windows, Linux, OS Mac, iOS, dan Android.

Berikut cara mendaftar dan memakai aplikasi Zoom Meeting.

a. Cara mendaftar Zoom

Mendaftar atau menciptakan akun Zoom relatif gampang dan tidak dipungut biaya alias gratis, baik melalui website atau aplikasi di HP. Berikut langkah-langkahnya:

1. HP
- Buka aplikasi Zoom, kemudian tap 'Sign Up'
- Masukkan alamat email. Kemudian nama depan dan nama belakang yang ingin ditampilkan untuk pengguna lain. Jangan lupa untuk mencentang persetujuan Terms of Service. Setelah itu, tap 'Sign Up'.
- Akan ada email yang dikirimkan ke alamat email yang digunakan. Tap 'Activate Account' pada email tersebut.
- Masukkan password yang diinginkan untuk akun Zoom. Proses registrasi selesai. Akun Zoom sudah sanggup digunakan.
- Jika sudah punya akun Zoom Meeting, kau sanggup menentukan 'Sign In'. Tinggal masukkan alamat email dan password yang sudah didaftarkan.

2. Di website:

- Kunjungi zoom.us, kemudian klik tombol 'Sign Up'
- Isi kolom email dan nama.
- Cek email dan lakukan aktivasi.
Jika sudah punya akun, kau sanggup menentukan 'Sign In'. Tinggal masukkan alamat email dan password yang sudah didaftarkan.

b. Cara memakai Zoom Meeting

Para guru seharusnya sudah mempersiapkan ruang Zoom Meeting untuk orangtua atau anak murid. Ada yang tinggal klik link yang tersedia, ada juga yang harus masukkan meeting ID dan password yang disediakan guru atau admin.

Bagi guru yang berperan sebagai host maka terlebih dulu harus untuk menciptakan ruang di Zoom Meeting. Host sebaiknya memakai laptop atau komputer alasannya ialah lebih gampang digunakan. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Buka aplikasi Zoom Meeting
2. Klik "Start" pada pilihan 'My Personal Meeting ID'
3. Lalu kemudian pilih 'Invite Others'. Mengundang penerima sanggup dilakukan melalui email atau menyalin link yang tertera dan dikirimkan ke masing-masing murid atau orangtuanya.
4. Tunggu semua penerima masuk ke ruang meeting. Di hidangan security ada pula pilihan "Lock Meeting" yang sanggup dicentang.
5. Jika meeting atau aktivitas berguru mengajar telah berakhir, maka host sanggup klik pilihan 'End Meeting for All' pada Zoom Meeting tersebut.



Simak Video "Daftar Negara dan Lembaga yang Larang Penggunaan Zoom"
[Gambas:Video 20detik]

Sumber detik.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar