Sulap Hotel Biasa Jadi Hotel Cendekia Dengan Digitels
Menghadapi fase pembiasaan kebiasaan baru, PT Aplikasi Pintar Indonesia merilis Digitels, startup layanan kemudahan berbasis teknologi dengan ekosistem digital 4.0.
Digitels berangkat dari gagasan mengintegrasikan rangkaian layanan kemudahan dengan aplikasi yang gampang diimplementasikan pada fasilitas yang diinginkan. Inovasi karya anak bangsa ini mengklaim sebagai startup pertama di dunia yang sanggup mengubah sebuah hotel biasa menjadi smart hotel lengkap dengan aplikasi (B2B & B2C).
"Kunci keunggulan Digitels terletak pada teknologi 'smart digitels brain' yang sanggup diimplementasikan pada hotel, melalui system yang terhubung, berjalan dan dipakai melalui aplikasi," ujar Tiandy, dalam keterangan yang diterima detikINET.
"Digitels akan membawa perubahan revolusioner pada sektor perhotelan, baik dari segi biaya operasional, efisiensi layanan, standar kesehatan dan keamanan, serta peningkatan GOP (Gross Operating Profit)," lanjutnya.
Dengan SHC (smart hotel conversion), Digitels E-system sanggup mengubah hotel, apartemen, kondotel, perkantoran dan rumah pribadi menjadi ekosistem cerdik 4.0 berbasis internet of things (IoT).
Pemasangan E-system ini sangat gampang dan simpel dan pemilik tidak perlu mengganti peralatan, furnitur atau piranti yang sudah ada. Semua eksklusif aktif sehabis terhubungkan dengan "digitels brain".
![]() |
Digitels mengklaim sanggup membantu pemilik hotel menurunkan biaya operasional, efisiensi staf (25-40% dari total karyawan), menggantikan sepenuhnya kunci/kartu, penghematan energi, waktu dan operasional, yang kesemuanya akan berkontribusi 10-30% pada pendapatan.
Sistem pengoperasian Digitels juga didukung fasilitas Big Data yang akan membantu administrasi menghemat budget secara signifikan. Dengan win win solution Digitels akan menyediakan database solid untuk setiap pemilik hotel (1 hotel 1 database) beserta supporting system diantaranya:
- 4.0 Smart Booking Channel Manager (di mana channel system konvensional yang ketika ini tersedia di pasaran akan menyita 1-5 % dari total revenue).
- Smart Housekeeping System, Smart Check IN/OUT System dan Smart Reservation System.
- Point of Sales (POS) System.
- Accounting and Finance System (mencakup Daily Sales Report, Online Inventory Movement & Cost Control) Restaurant Management System yang terkoneksi dengan E-kiosk, Marketing, Ordering System, Inventory Monitoring dll yang akan mempermudah operasional F&B.
- Untuk acara transaksi dan pembayaran, Digitels mempunyai E- Wallet yang telah terkoneksi dengan payment gateway resmi menyerupai GoPay, OVO, Dana, dan online virtual banking di Indonesia.
- Sementara untuk reservasi dan pemesanan, Digitels telah menjalin kerjasama dengan Online Travel Agents (OTA) menyerupai Agoda, Airbnb, Traveloka, Pegi-Pegi, Tiket.com, dll.
Ekosistem Digital 4.0 Sebagai Solusi Tatanan Baru
Ekosistem digital 4.0 akan memperlihatkan keleluasaan, kenyamanan serta pengalaman berbeda bagi tamu selama di hotel. Dengan teknologi dan system yang terintegrasi, acara layanan hotel sanggup berjalan contactless (tanpa kontak/sentuhan).
Dengan aplikasi Digitels (yang tersedia dalam versi iOS dan Android), tamu sanggup memperoleh kanal semenjak melaksanakan pemesanan (secara online), verifikasi kedatangan, bermalam sampai meninggalkan hotel (departure).
Setelah pemasangan "smart digitels brain", setiap fasilitas kamar akan beroperasi dengan IOT system mulai dari kanal pintu dengan APP, Face recognition, scan QR code, fasilitas pendingin ruangan, lampu, televisi, audio, dan tirai.
Fitur EMS (energy management system) menjalankan otomatisasi on/off ketika tamu sedang tidak berada di ruangan (diperkirakan sanggup menghemat cost sampai USD 80/ruangan).
Sebagai langkah awal, di bulan ini Digitels telah mencapai MoU untuk peluncuran franchise smart hotel perdana yaitu Podsotel (4.0 business class pods capsule) di Jakarta (Pantai Indah Kapuk) dan Bali (Legian).